Minggu, 12 Juni 2016

Eksperimen Sains atau IPA untuk anak kelas 4 SD - Penyerapan Air

Halo sahabat sains, belajar sains memang lebih mudah dengan dipraktekkan langsung. Di bawah ini contoh Eksperimen Sains tentang Penyerapan Air untuk anak kelas 4 SD yang mudah dipahami dan tentu menyenangkan.





Tujuan : Membuktikan bagaimana Penyerapan Air pada Tumbuhan

Penjelasan :
Dari Wikipedia, Fotosintesis (dari bahasa Yunani φώτο- [fó̱to-], "cahaya," dan σύνθεσις [sýnthesis], "menggabungkan", "penggabungan") adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil

Atau lebih mudahnya, Fotosintesis adalah proses yang terjadi pada tanaman hijau, tepatnya pada daun, untuk menghasilkan makanan bagi dirinya sendiri. Ternyata tumbuhan juga bisa memasak makanannya sendiri dan dapurnya terletak di daun. Tenaga untuk melakukan fotosintesis berasal dari sinar matahari. Bahan yang dibutuhkan adalah air (diserap oleh akar dari dalam tanah) dan karbondioksida (yang tersedia luar biasa banyaknya di udara) yang masuk melalui lubang stomata dan lentisel. Setelah diproses hasilnya berupa makanan (karbohidrat) dan oksigen yang dilepas ke alam untuk dihirup oleh manusia dan hewan. Hebat bukan, sahabat sains?

Nah untuk mendukung terjadinya fotosintesis, tumbuhan butuh air yang diserap akar dari dalam tanah. Bagaimana proses tersebut bisa terjadi. Mudahnya proses penyerapan bisa terjadi karena adanya pipa kapiler di dalam tubuh tumbuhan yaitu pembuluh xilem dan floem.

Mari agar lebih mudah dipahami dan dapat diindera oleh anak, sahabat sains bisa mempraktekan eksperimen berikut ini.

Proses :
  1. Siapkan 3 wadah berisi air dan masukkan pewarna makanan yang berbeda
  2. letakkan satu lembar daun sawi putih di masing-masing gelas
  3. lihat apa yang terjadi
Hasil :
Dari gambar dapat terlihat bahwa warna daun sawi yang tadinya putih menjadui berwarna sesuai warna makanan yang dimasukkan. hal itu menunjukkan air dari dalam gelas bisa naik ke atas daun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar