Minggu, 12 Juni 2016

Eksperimen Sains atau IPA untuk anak SD kelas 2 - Tumbuhan juga bernafas

Halo sahabat sains, belajar sains memang lebih mudah dengan dipraktekkan langsung. Di bawah ini contoh Eksperimen Sains tentang Tumbuhan juga Bernafas untuk anak kelas 2 SD yang mudah dipahami dan tentu menyenangkan.


Tujuan : Membuktikan tumbuhan juga bernafas

Penjelasan :
Mahluk hidup terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Ketiganya memiliki kesamaan, salah satunya adalah bisa bernafas. selain bernafas semua mahluk hidup butuh makan dan minum, bergerak, tumbuh dan bereproduksi/menghasilkan anak.

Proses bernafas adalah proses menghirup udara dan menghembuskannya. Pada manusia dan hewan, udara berupa oksigen yang dihirup digunakan untuk energi pembakaran makanan menjadi tenaga dan mengisi setiap sel agar tetap hidup. sedangkan bagi tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis.

Agar lebih mudah memahaminya, sahabat sains bisa melakukan percobaan di bawah ini.


Proses :
  1. Cari pohon berdaun hijau di dekat rumahmu yang langsung terkena sinar matahari
  2. bungkus salah satu daunnya dengan kantong plastik bening (berflipper) atau bisa juga kantong plastik biasa dan diikat dengan karet
  3. dan biarkan selama 10 menit
  4. setelah 10 menit lihat apa yang terjadi

Hasil :
Ternyata terbentuk embun-embun (uap air) di dalam kantong plastik. Sama halnya ketika kamu bernafas di depan cermin atau plastik bening. Ternyata tumbuhan juga melakukan hal yang sama, karena baik manusia dan tumbuhan juga mahluk hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar